Awal Munculnya Berita Corona di Indonesia - Fitflopshoesforwomen

Rabu, 01 April 2020

Awal Munculnya Berita Corona di Indonesia

Awal Munculnya Berita Corona di Indonesia, fitflopshoesforwomen.com


Virus corona merupakan salah satu wabah penyakit yang saat ini menjadi penyakit yang menyebar ke berbagai wilayah di dunia. Bahkan virus corona telah ditetapkan sebagai pandemi global yang menyebabkan ratusan nyawa manusia melayang. Wabh virus corona hingga kini pun masih terus menghantui sejumlah negara di dunia salah satunya adalah Indonesia. Pada awalnya virus corona menyebab melalui salah satu tempat di Wuhan, Cina. Kemudian virus ini terus menyebar hingga ke berbagai wilayah di belahan dunia salah satunya adalah Indonesia. Berita corona di Indonesia Hingga saat ini sudah 1000 lebih kasus corona yang terjadi di Indonesia. 

Berita corona di Indonesia diawal dengan pernyataan Presiden di media terkait ditemukannya kasus virus corona oleh dua orang WNI yang kabarnya barusaja berinteraksi dengan WNA asal Jepang. Awal mulanya ditemukan kasus corona di Indonesia adalah dari dua orang WNI yang barusaja berinteraksi dengan WNA dari Jepang. Menteri Kesehatan RI  menjelaskan bahwa kedua pasien tersebut salah satunya adalah guru dansa yang berusia 31 tahun. Pasien awalnya berkontak fisik dengan WNA asal Jepang yang sebelumnya telah bermukim di Malaysia sejak Februari 2020 lalu. 
Setelah berdansa dengan WNA Jepang, selang dua hari kemudian pasien yang berusia 31 tahun ini mengalami penyakit batuk dan periksa di rumah sakit terdekat yakni tepatnya pada tanggal 16 Februari 2020. Setelah periksa di rumah sakit pasien tersebut dibolehkan untuk rawat jalan dan kembali ke rumah. Namun hingga tanggal 26 Februari, sakit yang di deritanya pun tak kunjung sembuh yang kemudian mengharuskannya untuk dirujuk ke rumah sakit dan diminta untuk menjalani rawat inap. Nah pada saat ini pula ternyata pasien tidak hanya mengalami batuk biasa melainkan disertai dengan sesak nafas. 

Kemudian pada tanggal 28 Februari 2020 pasien tersebut mendapatkan telepon dari temannya dari Malaysia bahwasannya WNA Jepang yang barusaja berinteraksi dengan dirinya positif terinveksi virus corona. Mengetahui informasi tersebut, pasien di pindahkan ke RSPI Sulianti Saroso dn dimasukkan dalam pasien dlam status pengawasan terkait virus corona. Nah setelah menjalankan tahap pemeriksaan ternyata pasien pun positif corona.  Hingga awal akhir Maret 2020 terdapat sekitar 1500 lebih kasus positif corona di Indonesia dengan 136 diantaranya meninggal dan 81 orang diantaranya dinyatakan sembuh. 

Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona
Virus corona menjadi salah satu wabah penyakit yang saat ini menjadi masalah baru di Indonesia. Pasalnya sudah satu bulan terakhir Indonesia menjadi bagian negara yang tidak terlepas dari serangan virus corona. Hingga awal bulan April 2020 ini penyebaran virus corona semakin meluas di Indonesia. Hingga saat ini vaksin untuk mengatasi virus ini pun masih belum ditemukan sehingga sangat sulit untuk mengatasinya. 

Berita virus corona di Indonesia yang muncul pada bulan Februari tahun 2020 lalu hingga kini terus meluas ke berbagai daerah di Indonesia. Penyebarannya yang begitu cepat mengakibatkan terjadinya peningkatan angka positif corona di Indonesia. Nah untuk menghentikan penyebaran virus ini, berbagai langkah pun telah diambil oleh pemerintah mulai dari social distance dengan meliburkan berbagai instansi mulai dari lembaga pendidikan, perkantoran, hingga membubarkan tempat-tempat yang dikerumuni banyak orang.

Iya hal terebut dilakukan dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona yang semakin hari semakin meluas. Selain social distance atau menghindari dari kerumunan orang banyak, ada banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terinfeksi virus corona, adapun diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Lebih rajin mencuci tangan
Rajin mencuci tangan memang terdengar begitu lazim dan sudah umum dilakukan sejak jaman dahulu. Namun memang benar bahwa mencuci tangan adalah pangkal dari kebersihan dan kesehatan. Perlu diketahui bahwa tangan adalah salah satu bagian tubuh yang menjadi sumber kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Nah untuk mencegah agar tidak terinveksi virus corona, mencuci tangan minimal selama 20 detik dengan menggunakan sabun dan air mengalir adalah langkah yang tepat. 

Iya langkah tersebut dapat membantu membunuh kuman dan bakteri termasuk di dalamnya virus corona. Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun juga telah merekomendasikan langkah tersebut sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona yang saat ini menjadi virus yang berbahaya di dunia. 

2. Mengindari bersentuhan
Virus corona dapat menyebar karena adanya kontak fisik maupun melalui percikan air liur dari seorang yang terkena virus ini. Nah untuk mencegah penularan virus corona, maka menghindari bersentuhan adalah salah satu langkah yang tepat. Dalam hal ini Anda dapat menghindari berpelukan, bersentuhan, atau berjabat tangan apalagi dengan orang asing untuk menghindari kemungkinan perpindahan virusdan kuman. 

3. Kenakan masker saat sedang sakit atau di tempat umum
Perlu diketahui bahwasannya virus corona tidak menyebar melalui udara, meskipun demikian memakai masker saat sedang sakit atau berada ditempat umum menjadi hal yang direkomendasikan. Hal ini sebagai upaya adanya kemungkinan adanya penyebaran virus melalui percikan air liur atau yang lainnya. 

4. Hindari menyentuh area wajah sebelum mencuci tangan
Langkah selanjutnya adalah upayakan untuk tidak menyentuh area wajah sebelum Anda memastikan bahwa tangan Anda steril. Hal ini dilakukan karena virus corona dapat menyerang tubuh melalui area segitiga wajah mulai dri mulut, mata, dan hidung. Nah dengan demikian pastikan Anda menyentuh area-area tersebut untuk menghindarkan masuknya virus termasuk virus corona ke dalam tubuh Anda. 

5. Hindari untuk berbagai barang pribadi
Bukan mengajarkan untuk pelit, namun ditengah penyebaran wabah virus corona seperti saat ini, mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Demi kesehatan bersama, pastikan Anda untuk tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain. Hal ini dikarenakan virus corona dapat hidup dipermukaan selama beberapa jam. Untuk itu lakukan pencegahan dengan tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain. 

6. Physical distancing
Physical distancing merupakan salah satu langkah yang didengung-dengungkan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona. Iya dalam hal ini upaya yang dilakukan dapat dengan cara mencegah kerumunan orang banyak dengan menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Sebagaimana berita virus corona di Indonesia pada umumnya, langkah ini cukup efektif untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona apabila ditaati oleh seluruh lapisan masyarakat, untuk lebih jelas disini https://www.cekaja.com/info/covid-19-updates/

Sekian semoga bermamfaat ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar